Selasa, 25 Agustus 2009

Dengki

Bismillah..

dari Anas bin Malik r.a,. ia berkata:
"aku melayni Rasulullah Saw. sejak berusia delapan tahun. Pertama yang Beliau ajarkan kepadaku adalah,

"Wahai Anas, tepatkanlah wudhumu untuk shalatmu, niscaya malaikat yang menjaga kamu akan mencintaimu dan umurmu akan di tambah."

"Wahai Anas, mandilah dari janabat dan sempurnakanlah di dalam mandi itu karena di bawah setiap rambut itu kena janabat pula."

Anas berkata, ‘aku bertanya, "wahai Rasulullah, bagaimana aku harus menyempurnakan mandi janabat itu? "
...
Belaiu bersabdah, ‘Sampaikan air sampai kepangkal rambutmu dan bersihkan (gosok) kulitmu, niscaya kamu keluar dari tempat mandimu dalam keadaan dosamu telah di ampuni.’

"Wahai Anas, jangan meninggalkan sholat Dhuha, karena sholat Dhuha itu adalah sholatnya orang2 yang bertobat kepada Allah. perbanyaklah shalat di waktu malam dan siang, karena selama kamu mengerjakan shalat para malaikat senantiasa memohonkan rahmat untukmu."

"Wahai Anas, apabila kamu mendiriakn shalat, maka mantapkanlah dirimu di hadapan Allah Ta’alah. Apabila kamu rukuk, maka letakkanlah kedua telapak tanganmu pada kedua lututmu dan renggangkanlah jari2mu serta renggangkan pula kedua lengan tanganmu dari kedua pinggangmu. Apabila kamu bangun dari rukuk maka tegaklah, sehinggs setisp anggota tubuh kembali pada tempatnya. apabila kamu sujud, maka letakkan wajahmu di tanah dan jangan menyucuk sebagaimana burung gagak menyucuk makanan dan jangan bentangkan kedua lenganmu seperti bentangan pelanduk. Apabila kamu mengangkat kepala dari sujud, maka jangan duduk seperti duduknya anjing dan letakkan kedua bokongmu diantara kedua kaki serta letakkan bagian atas kedua telapak kaki di tanah karena sesungguhnya AllahTa’ala tidak melihat shalat yang tidak sempurna sujud dan rukuknya. jika kamu mampu selalu dalam keadaan wudu sepanjang siang dan malam, maka lakukanlah, karena apabila mati mendatangi kamu sementara kamu dalam keadaan wudu, niscaya kamu tidak luput dari mati syahid."

"Wahai Anas, apabila kamu masuk rumahmu, maka ucapkanlah salam kepada keluargamu, niscaya berkahmu dan berkah rumahmu akan bertambah banyak. Apabila kamu keluar rumah untuk sesuatu kebutuhan, maka kepada setiap muslim yang kamu lihat (jumpai), ucapakan salam, niscaya manisnya iman akan masuk kedalam hatimu, dan pabila sewaktu keluar kamu mempunyai dosa, maka ketika kamu pulang dosa itu sudah di ampuni."

"Wahai Anas, jangan sampai di waktu siang sampai malam kamu memendam perasaan DENGKI kepada sesama muslim, karena hal itu termasuk sunahku dan barangsiapa yang mengikuti sunahku berarti ia cinta kepadaku, dan barang siapa mencintai aku, maka ia nanti akan bersama2 aku di dalam surga."

"Wahai Anas, jika kamu mengerjakan itu semua dan memelihara wasiatku ini,maka tidak ada sesuatu yang lebih kamu sukai dari pada mati, karena sesungguhnyadi dalam mati itulah masa kesejahteraanmu."

"dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang di karuniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari pada sebagian yang lain" (Qs. An-Nisa:32)

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar