Selasa, 25 Agustus 2009

Keutamaan Orang - orang Fakir


dari Anas bin Malik r.a, ia berkata

"Orang2 fakir mengirim seoarang utusan menghadap Rasulullah Saw. lantas ia berkata, "Wahai Rasulullah, saya adalah utusan orang2 fakir. ‘Beliau bersabdah, ’selamat datang untukmu dan orang2 yang mengutusmu, kamu datang dari tengah2 orang yang dicintai Allah.’ ia berkata, "Ya Rasulullah, orang2 fakir itu mengatakan, bahwa orang2 kaya itu bisa mengerjakan semua amal kebaikan. Mereka bisa pergi haji sedangkan kami tidak, mereka mampu berseddekah, sedangkan kami tidak, dan apabila mereka sakit mereka bisa mengirimkan hartanya sebagai simpana.
Rasulullah Saw. lantas bersabdah, ’sampaikan kepada orang2 fakir, bahwa barang siapa sabar dan ikhlas, maka ia akan mendapat 3 kelebihan yang tidaka akan di dapatkan oleh orang2 kaya.’
...
kelebihan
pertama: di dalam surga ada kamar yang terbuata dari yaqut merah, di mana penghuni surga akan melihat kamar itu seperti halnya penghuni dunia melihat bintang2 dan kamar itu tidak akan dimasuki kecuali oleh Nabi, orang yang mati syahid yang fakir atau orang2 mukmin yang fakir.

kedua: orang2 fakir itu akan masuk suraga sebelum orang2 kaya sekitar setengah hari, yaitu kira2 500 tahun. dan di dalam surga itu mereka bersuka ria sekehendak hati dan Nabi Sulaiman a.s. bin Dawud a.s akan masuk surga sekitar 40 tahun setelah para Nabi masuk, karena kerajaan yang Allah karuniakan padanya.

ketiga: apabila orang fakir mengucapkan: subhaanallaahi wal hamdulillaahi walaa illallaahu wallaahu akbar ( Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan Selain Allah, dan Allah Maha Besar) dengan ikhlas dan orang kaya jugak mengucapkan bacaan yang serupa, maka orang kaya tidak dapat mengejar orang yang fakir, meskipun orang kaya itu bersedekah 10.000 dirham, demikian pula amal2 lainnya.

Kemudian utusan itu kembali ketengah2 mereka dan memberi tahu kepada mereka, lantas mereka berkata, ‘ Wahai tuhan, kami merasa puas, Wahai tuhan, kami merasa puas.’ "

Di riwayatkan dari Al-Hasan, dari Nabi Saw., bahwa beliau bersabdah:
"Banyak2lah berkenalan dengan orang2 fakir dan perlakukan mereka dengan baik, karena sesungguhnya mereka mempunyai kekuasaan. Para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah kekuasaan mereka?’ Beliau bersabdah, ‘nanti pada hari kiamat, di katakan (kepada mereka), ‘Carilah orang yang pernah memberi sesuap makan, memberi seteguk minum, dan memberi sepotong pakaian, lantas peganglah tangannya kemudian masukkanlah ia kesurga.’

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar