Selasa, 25 Agustus 2009

Menjadi Istri Idaman


umah tangga adalah ladang yang sangat subur bagi suami istri untuk menanam sebanyak-banyaknya ibadah pahala. sikap kita kepada suami sangat mempengaruhi kemana kelak kita akan melabu. ke surga atao keneraka, karena ridho suami akan membantu kita ke surga dan murka suami akan mendorong kita keneraka. "Rumah Tangga Perhatikanla sikapmu pada suamimu, karena ia bisa menjadi surga atau neraka bagimu." (HR. Ath Tabrani)
...
Insyaallah beberapa sikap istri di bawah ini bisa menjadi paduan:


1. Ketika suami pulang dari kerja, istri menyambutnya dengan senyum yg tulus. ia akan menjadi obat yang mujarab bagi kepenatan yang ia rasakan. suka memanggil suami dengan sebutan sayang atau panggilan yang dia sukai. menampakan perhatian dengan menyidiakan kebutuhannya, dengan begitu suami akan merasa tersanjung dan bahagia.

2. menjadi penghibur di saat dia risau atau galau. memberi motivasa, tidaka menghakimi sekalipun tau dia bersalah. namun beritau dia dengan cara yang halus. tidak perlu memerintah suami, kecuali di ucapkan dengan suatu yang baik sebagai suatu pertolongan. "tidaklah istri menyakiti suami di dunia kecuali ia bicara pada suami dengan mata yang berbinar, janganlah sakiti dia (suamimu), agar Allah tidak memusuhimu, jika suamimu terluka maka dia akan segerah memisahkanmu kepafa kami (Allah dan Rasul)." (HR. Tirmidzi dari Muadz bin jabal)

3. Menjaga rahasia suami dan keluarganya. tidak membicarakan kejelekan suami kepada rang lain. Istri aalah pakaian suami dan suami adalah pakaian buat istri. maka hendaklah istri menjaga rahasia suami dan kehormatannya.

4. Pandai mengatur ekonomi rumah tangga. suami berkewajiban mencari nafkah yang halal dan baik, dengan usaha yang maksimal. kemudian istri berkewajiban mengelolahnya dengan baik. meneriama pemberian suamai dengan tulus.

5. Senantiasa mensyukuri pemberian suami, seberapapun ia mampu memberi nafkah. yakin bahwa apa yang di berikan suami itu pemberian Allah, dan suami hanyalah sebagai pelantara.

6. Pandai menata rumah tangga. Istri sebagai ratu dalam keluarga, berkuasa dan berkewajiban mengaturnya. Rumah adalah pangkal dari ketenangan jiwa dan sumber ketenangan batin seluruh penghuninya. ketika suami sudah berlumur keringat, bersimpuh peluh, bekerja dengan keras, ia akan rindu pulang kerumah. berharap melabuh semua penatnya dengan beristirahat di rumah. Alangkah sejuk hatinya, apabila mendapat rumah tertata dengan rapi, bersih dan indah di pandang mata.

7. Mengasuh dan merawat anak dengan baik. Istri berperan penting dalam mencetak generasi yang berkualitas. Sejak dalam kandungan, menyusi, merawat, mendidik, anak menjadi tanggung jawab. Sabdah Rasulullah Saw: "Seorang wanita adalah pengurus rumah tangga suaminya dan anak-anaknya, dan ia akan di minta pertanggung jawabab atas pengurusannya" (HR. Muslim)

8. Melayani ajakan suami di atas ranjang. Istri hendaknya memberi pelayanan yg baik bagi suami dan tidak menolak kemauannya. Allah berfirman"Wanita-wanita (istrimu) adalah ladang bagimu dan datangilah ladang itu sebagai mana kamu kehendaki" (Qs. Al-Baqarah :223) Hadist Nabi saw "Apabila suami memanggil istri keranjangnya, namun istri menolak datang sehingga suami menjadi marah, maka sang istri akan di laknat malaikat sampai paginya." (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi).

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar