Selasa, 25 Agustus 2009

Muadzin


Bismillah…

Ada seseorang yang bertanya kepadanya ‘beri tahulah kepada kami apa yang sebenarnya di ucapkan oleh muadzin itu? Ibnu Abas berkata:

Apabila muadzin mengucapkan Allahu akbar-Allahu akbar, maka sebenarnya ia mengucapkan: wahai orang2 yanga sedang sibuk, sambutlah azan ini, istirahatkanlah badanmu, dan cepat2lah untuk melakukan kebaikan.
apabila muadzin mengucapakan Asy-hadu allaa ilaaha illallaaha, maka sebenarnya ia mengucapkan: saya persaksikan di hadapan Allah nanti pada hari kiamat bahwa saya telah menyeru kamu sekalian.
...
apabila muadzin mengucapkan Asy-hadu anna Muhammadar Rasulullaah, maka sesungguhnya ia mengucapkan: Nanti pada hari kiamat semua Nabi, termasuk Nabi Muhammad Saw, menjadi saksi bagi saya, bahwa saya telah memberi tahu padamu lima kali sehari semalam .
apabila muadzin mengucapkan: Hayya ‘alash shallah, maka sebenarnya ia mengucapakan: sesungguhnya Allah telah menegakkan Agama ini untukmu, makategakkanlah olehmu.
apabila muadzin mengucapkan: Hayya ‘alal falaah, maka sebenarnya ia mengucapkan: masuklah kamu dalam rahmat dan ambilah petunjukmu.
apabila muadzin mengucapkan: Allahu akbar-Allahu akbar, maka sebenarnya ia mengucapkan: segala pekerjaan haram sebelum mengerjakan shalat.
Dan apabila muadzin mengucapkan: Laa illaaha illallaah, maka sebanarnya ia mengucapkan: inilah amanat tujuh langit dan tujuh bumi telah di letakkan di lehermu, maka terserah kamu apakah akan melaksanakannya atau meninggalkannya."

’seandainya manusia mengerti benar apa yang di ucapkan oleh muadzin, niscaya mereka tidak akan pernah istirahat dan tidak akan pernah tidur’

Diriwayatkan oleh Nabi Saw, beliau bersabdah:

"sesungguhnya ada kalanya dua orang sama2 mengerjakan shalat, di mana rukuk dan sujud kedua orang itu sama, akan tetapi perbedaan shalat kedua orang itu bagaikan perbedaan langit dan bumi"

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar