Senin, 11 Januari 2010

Tidur nyaman pasca Hamil ^_^


Setiap orang butuh tidur. Ada yang merasa cukup tidur hanya 5 jam tapi ada juga yang 8 jam. Namun setelah hadir si buah hati, jam tidur anda pasca melahirkan biasanya akan berkurang. Karena anda harus merawat, menjaga dan menyusui si kecil sehingga merasa waktu tidurnya jadi tidak cukup. Tapi, anda tidak boleh membiarkannya karena dapat mengganggu kondisi tubuh.

Mulailah untuk memahami kebiasaan bayi dan cari waktu yang tepat untuk istirahat. Sebab pada 3 bulan pertama bayi tidur 18 jam perhari. Jadi anda bisa curi-curi waktu untuk istirahat. Tidurlah saat bayi tidur dan bangun saat ia bangun....
Minta bantuan orang tua anda atau adik untuk tinggal bersama selama satu hari setiap pekan agar badan anda bisa istirahat dengan baik atau ambil pengasuh untuk menjaga bayi di siang hari. Kurangi pekerjaan rumah dan anda tidak perlu menyelesaikan semua tugas rumah tangga. Kecuali yang berhubungan dengan bayi seperti mencuci botol atau popok.

Pelajarilah cara beristirahat sederhana agar bisa tidur pulas. Caranya dengan memejamkan mata, tarik nafas secara perlahan dan hembuskan. Ulangi beberapa kali. Lalu mulailah mengkonsumsi makanan bergizi agar stamina anda tetap prima.

Mintalah bantuan suami untuk memberikan satu kali susu botol pada bayi di malam hari jika menggunakan susu botol agar anda bisa tidur tanpa diganggu. Atau mintalah setiap akhir pekan suami yang mendapat giliran mengganti popok di malam hari. Hal ini berguna untuk mengembalikan energi anda.

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar